Ragam aktivitas di tempat pelatihan anjing

Bagi para dog lovers, bermain bersama anjing sudah menjadi kegiatan setiap hari yang dilakukan oleh anda dan anabul anda. Bagaimana tidak, bermain bersama anjing atau sekedar berjalan bersama anjing mampu membuat hormon kebahagiaan kita meningkat lo. Namun bagaimana bila anjing anda tidak mau menurut dengan anda? Enggan di ajak bermain dan bertindak liar? Wah pasti akan membuat kepala cukup pusing ya sobat. Lantas apa yang harus dilakukan? Ya benar dengan membawanya ke tempat pelatihan anjing. Di jaman sekarang sudah banyak sekali layanan tempat pelatihan anjing yang dirasa mampu membuat anjing anda bisa menjadi anjing yang penurut lo, penasaran seperti apa sih aktivitras di tempat pelatihan anjing ini? Bersama grande pet zone kita akan mengulik seputar ragam aktivitas di tempat pelatihan anjing.

 

Mengapa anjing perlu dilatih?

Nah sobat grande pet zone, anjing memang dikenal sebagai hewan yang setia dan cerdik ya, namun siapa sangka, anjing pun juga butuh dilatih lo. Anjing yang tidak terlatih berpotensi menciptakan gangguan atau membuat susah, baik ke dirinya sendiri, si pemilik, dan bahkan ke orang lain atau hewan lainnya. Sebenarnya, melatih anjing dengan cara yang disiplin atau memberikan hukuman telah digunakan sejak lama. Namun, tahukah kamu jika cara melatih anjing akan memberikan dampak terhadap ikatan dengan pemiliknya?

Melalui studi yang diterbitkan dalam Applied Animal Behavior Science, dijelaskan bahwa metode pelatihan yang berbeda memengaruhi keterikatan emosional anjing dengan pemiliknya. Sebenarnya, cara melatih anjing ini akan memberikan dampak pada emosi dari anjing. Jika anda memberikan pelatihan disiplin yang erat dengan hukuman, anjing akan merasakan emosi yang menyakitkan ketika anda mengulurkan tangan atau melihat hal maupun benda yang berhubungan dengan latihannya. Sebaliknya, melatih dengan memberikan rewards atau penguatan positif akan memberikan dampak emosi yang menyenangkan karena tidak adanya hukuman.

 

Manfaat melatih anjing

Ada beberapa manfaat nih dari anda melatih anjing kesayangan anda, berikut uraiannya

Keselamatan Anjing

Memiliki atau memelihara Anjing yang sama sekali tidak terlatih dan tidak patuh bukan hanya sangat merepotkan, tapi juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda (dan juga pihak lain), keuangan maupun lingkungan sosial disekitarnya. Selain pemilik, Anjing yang tak terlatih bisa merugikan atau mencederai pihak lain karena bisa saja Anjing tersebut tiba-tiba menyerang atau mengejar orang yang kebetulan lewat. Selain itu, Anjing yang tak terlatih cenderung tidak mematuhi perintah dan bertingkah laku seenaknya, misalnya berlari ke tengah jalan ramai yang berpotensi besar mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Jadi, Anjing tak terlatih bukan saja merugikan Anda, orang lain di sekitar, ataupun hewan lainnya namun juga bisa berakibat fatal pada diri Anjing itu sendiri.

 

Kelakuan yang baik

Anjing yang tidak terlatih bisa membuat sang pemilik dijauhi teman-temannya, biasanya mereka jadi enggan berkunjung ke rumah karena merasa dirinya akan terganggu dengan kehadiran Anjing yang tidak terlatih tersebut. Sedangkan memiliki Anjing yang mematuhi aturan-aturan akan membuat diri Anda terasa nyaman dan menyenangkan bersamanya. Ajarkan Anjing Anda untuk mematuhi perintah dan aturan dengan penuh rasa kasih sayang, jangan hanya terus menerus memperingatkannya saja. Karena jika tidak, hal itu bisa mendorong Anjing hidup dengan perasaan terus tertekan dan bisa berpengaruh tidak baik pada perkembangannya nanti.

Kunci keberhasilan untuk menjalin hubungan dengan Anjing Anda adalah adanya komunikasi dua arah yang baik. Jika Anda menginginkan Anjing kesayangan Anda memiliki tingkah laku baik cobalah untuk memahami bagaimana cara ia berpikir karena ini akan membantu Anda mencapai tujuan seperti yang Anda inginkan dan oleh karena itu Anda harus bisa membina hubungan baik dan saling menghargai satu sama lain. Di samping itu, dengan menangani dan melatih Anjing secara baik dan benar sejak ia masih kecil akan membantu menghentikan perilaku-perilaku tak baiknya sejak awal.

 

Apa saja yang diperlukan untuk melatih anjing

Untuk anda yang ingin melatih anjing anda secara mandiri, juga bisa lho! Anda hanya perlu menyiapkan beberapa barang saja seperti

  1. Buku pelatihan anjing

Anda diharuskan untuk memahami terlebih dahulu model pelatihan yang anda inginkan seperti apa dan bagaimana caranya. Sudah banyak sekali toko buku yang menjual modul atau buku pelatihan tentang anjing. Buku panduan tadi akan membantu anda dalam melatih anjing anda dengan benar

  1. Bait bag atau tas pinggang

Bait bag atau tas pinggang bisa dipakai untuk menyimpan camilan yang akan disiapkan bagi anjing. Pastikan agar tas pinggang itu bisa membawa berbagai barang seperti tali pengikat, boneka mainan, camilan, dan kantung untuk menyimpan kotoran anjing.

  1. Clicker

Clicker adalah alat latihan khusus untuk memberi tahu anjing saat ia berhasil menyelesaikan suatu tugas. Alat ini dianggap sebagai penguat kedua dalam melatih anjing, di samping penguat pertama berbentuk hadiah seperti makanan atau permainan. Sebuah penelitian menunjukkan, kata-kata seperti “Ya” atau “Bagus” juga merupakan penguat kedua yang efektif dan lebih mudah digunakan pemula daripada clicker.

  1. Matras lembut dan ringan

Ketika seekor anjing belajar untuk berada di atas matras dengan perilaku seperti duduk, tiarap, dan diam, perilaku tersebut juga akan diterapkan saat anjing berada di lingkungan yang berbeda dan mengganggu. Pastikan agar matras itu selalu dibawa ketika anda mengajak anjing bermain di luar rumah. Kita bisa memilih matras yang ringan, harganya terjangkau, dan mudah dilipat dan dibawa. Satu lagi, bahan matras harus terasa lembut agar anjing merasa nyaman berada di atasnya dalam waktu yang lama.

Aktivitas di tempat pelatihan anjing

Untuk yang merasa tidak memiliki waktu untuk melatih anjing anda secara mandiri, anda dapat membawanya ke tempat pelatihan anjing seperti di grande pet zone. Di dalam aktivitas pelatihan anjing, terdapat beberapa pelatihan yang diterapkan kepada anjing anda mulai dari saat anjing anda kecil hingga dewasa. Adapaun beberapa contoh aktivitas atau kegiatan di tempat pelatihan anjing seperti :

  1. Pelatihan dasar

  • Sit dan Fetch

Instruksi “sit” dapat digunakan pada beragam kondisi. Sebab, pada waktu si  anjing ada pada posisi duduk (sit), maka ia akan lebih fokus untuk menerima perintah dari kalian.

Manfaatkan treat untuk mengajarkan anjing ini untuk memahami perintah “sit”. Sedangkan Fetch merupakan salah satu permainan dimana anak anjing nantinya disuruh untuk mengambil mainan yang kalian lempar kemudian mengembalikannya kepada kalian. Dengan cara mengembalikannya, secara tidak langsung ia juga belajar untuk patuh terhadap kalian. Tak hanya itu saja, permainan satu ini juga bisa meningkatkan kerja jantung serta ketangkasan anak anjing.

 

  • Pelatihan untuk buang air

Ini menjadi hal yang terpenting dalam melakukan pelatihan anjing, karena di dalam tempat pelatihan anjing ini, anjing-anjing akan diajarkan bagaimana cara buang air di tempat yang tepat atau sesuai. Salah satu cara untuk melatih anjing agar tidak buang air sembarangan adalah dengan tegas mengatakan tidak atau jangan dan memberikan rewad pada anjing yang berhasil menurut

 

Nah itu tadi beberapa penjelasan mengenai aktivitas di tempat pelatihan anjing. Untuk kalian yang ada di Jogjakarta dan ingin melatih anjing anda, jangan khawatir grande pet zone adalah solusinya. Di Grande pet zone, pelatih anjingnya sudah bersertifikat dan juga terjamin kredibilitasnya. Jangan khawatir, akan ada sesi over handling untuk para owner, sehingga anjing anda tidak hanya menurut kepada coach namun juga akan menurut kepada anda. Pelatihan ini dilakukan 8 X Pertemuan Setiap hari Senin dan Kamis, Training Report, dan Over Handling Session. Tunggu apalagi segera kunjungi kami di Jl. Jenengan Raya, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Atau dengan mengunjungi website kami di grandepetzone.com

Tinggalkan komentar

Open chat